Tuesday, December 25, 2007

Rekomendasi Buku Komputer

Judul buku : Pemrograman Jaringan Internet dengan Visual C++
Pengarang : Agus Kurniawan
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2002

Banyak orang mengetahui internet, bahkan internet bukan merupakan teknologi baru, tetapi sudah berkembang menyeluruh di pelosok jagad raya ini. Dengan banyak kepentingan dan misi, internet melaju dengan cepatnya bagai air hujan dari langit. Situs-situs pun banyak bermunculan dengan menyajikan banyak ragam informasi dan diiringi dengan munculnya teknologi server, contohnya Internet Information Service (IIS) milik Microsoft dan Apache Web Server yang berbasis OpenSource.


Untuk melakukan koneksi melalui jaringan internet, diperlukan sustu media interface. Dengan media interface ini kita dapat melakukan koneksi dengan dunia luar. Buku ini membahas dengan mendetail tentang cara melakukan pemrograman pada jaringan internet. Adapun beberapa bahasan menarik yang terdapat pada buku ini adalah cara menciptakan program chatiing client dan server (contoh program client adalah Yahoo Mesengger dan servernya adalah Yahoo Server).

Bagi seorang hacker, internet sudah seperti surga. Siapapun yang menguasai pemrograman jaringan, dialah sang penguasa cyber world. Rata-rata semua program yang digunakan oleh para hacker bebasis jaringan internet, contohnya remote buffer overflow exploit (RPC DCOM /KAHT), bots (IRC bot, spybot), trojan (BO2K, sub7 legends, netbus), rootkits (Hacker Defender, FU, Vanquish), dan internet worms (Codered 1,2, Sasser, Blaster, MyDOOM, Melisa, I Love U). Buku ini membahas dasar-dasar pemrograman jaringan yang diperlukan untuk membuat berbagai malware di atas.

Trus kenapa harus menggunkan Visual C++? Tidak selamanya C++ harus digunakan, dengn bahasa pemrograman Assembly, Basic, Java, atau Pascal-pun, sebuah program berbasis jaringan internet dapat terbentuk. Namun penggunaan bahasa C++ dinilai OOP (pemrograman berorientasi objek) dan memiliki kekuatan yang sama seperti bahasa pendahulunya yaitu C (Linux dan Windows dibuat dari C karena portabilitas dan kecepatannya). Oh ya, tidak selamanya Visual C++ harus digunakan. Penggunaan DevCpp, MinGW Studios, atau GCC juga tidak apa-apa. Buku ini juga mencakup dasar-dasar algoritma yang diperlukan untuk membangun sebuah program berbasis jaringan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan masalah lain compiler, lain source code.

Walaupun penuh dengan berbagai kelebihan, buku ini juga disertai beberapa kekurangan yaitu antara lain file source codenya sudah berada di dalam disket yang ter-embed dalam pembelian buku. Ini sangat disayangkan karena kapasitas disket yang teramat kecil, relatif terhadap CD ataupun DVD.

Penulis memberikan nilai 9 dari nilai sempurna 10 untuk buku ini. Buku ini adalah sebuah terobosan baru untuk literature pemrograman jaringan C++ yang berbasis jaringan internet (kebetulan gw suka banget sama C++…he….he…)


0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template