Thursday, December 27, 2007

Hack 0x09 : Wardriving di Tengah Mataram Part 1

Oleh Dendi Suhubdy A.K.A Cron of NuLL

Hari ini gw nemenin bokap gw beli memory SO-DIMM untuk laptopnya. Kami membelinya di toko Medina Software, Mataram. Nah, sepulangnya dari sana, bokap mampir dulu ke UD. Prisma untuk fotokopi berkas-berkas untuk pekerjaannya.....dan gw harus melakukan pekerjaan yang paling gw ga suka : MENUNGGU!! Kebetulan, gw liat laptop nyokap nganggur, gw nyalain dan memutuskan untuk ngelakuin wardriving sambil menunggu bokap keluar dari tempat fotokopi.


Gw kaget sekali kalo ada 8 AP (infrastructure wirless networks) di tengah kota Mataram!!! Ternyata WiFi sudah menjamur dimana-mana!!! He...he...tetapi dengan semakin banyaknya wireless networks, berarti semakin banyak internet gratisan yang bisa kami dapatkan (^_^). Walaupun melanggar etika hacking (biasa topic kesukaannya si PIRUS sama AMORY), menembus jaringan wireless tanpa sepengetahuan orang, itu amat mengasikkan, apalagi kalo dapet jaringan yang bandwithnya besar (kya Dikpora-NTB di daerah kami)!!!

Kebetulan gw udah nginstall beberapa tool hacking di kompie bokap, walaupun ga lengkap-lengkap amat sih, antara lain Network Stumbler sama Metasploit Framework 3. Gw sebenarnya butuh beberapa tool lagi kya Kismet, Aircrack, dan Angry IP Scanner.....dan....ah tidak!!!!!!!....gw lupa lagi untuk membeli Wireless Injection Adapter....oh no......ga bisa crack jaringan wireless yang dilindungi enkripsi WEP (sebenarnya bisa sih tapi ampe botak nunggunya)....tp ah ga apa....gw masi bisa scanning APs yang ada di Mataram. Moga aja info ini berguna bagi hacker-hacker yang ada di Mataram atau di luar Jawa yang sedang di Mataram.........lumayan klo ga punya uang untuk internetan...bisa langsung ngenet di tengah jalan...hahahahaha......

Ok, wardriving dimulai. Gw mulai jalanin Network Stumbler di depan tempet fotokopi itu dan inilah hasilnya.

Ini adalah grafik signal dari AP warnet 5jari (kebetulan letaknya sekitar 15 m dari tempat saya wardriving).....

Ini adalah grafik sinyal Wifi dari amikom Mataram......

Ini adalah grafik sinyal Wifi dari Cakrawala Net........

Ini adalah signal dari AP Omni-Lombok2.....

Ini adalah sinyal dari AP Grid-Lombok3.......kami mendapati bahwa sinyal ini paling tinggi di antara semua AP yang ada di Mataram. Kami tidak tahu letak pasti dari AP yang memancarkan sinyal Grid-Lombok3, tapi yang jelas sumber sinyalnya deket dengan sekolah kami.

Ini adalah sinyal dari wireless network yang dimiliki oleh Dikpora-NTB. Kebetulan sekali Dikpora-NTB terletak di sebelah sekolah kami, dan kami sudah menyelidiki bahwa kecepatan internetnya sangat cepat......

Nah, itulah sekilas dari wardriving pada hari ini. Bokap dah keluar dari tempet fotokopian, truz kita diajak ke Mall deh!! Kebetulan di Mall terdapat hotspot gratisan milik Telkom....ntar gw selidiki aaaahh......oh ya bro....tunggu aksi gw selanjutnya...ha..ha...ha (^_^)


5 comments:

Anonymous said...

kenalin, aku sakti dari bandung... pengen nyari akses gratisan juga. eh, menurut kepmen ada beberapa situs yang di blok ya, kaya multiply, youtube, metacafe... ngakalinnya pake IP kita harus disumputin dulu, bisa tembus k site tsb kok. aku dah donlod semua program yang kamu tulis... tapi tetep ga ngerti makenya gimana T__T

Anonymous said...

den hebat lo tapi bagi bagi dong elmunya yang rada ngehacker ke gw..
salut bro....
cecepherry@gmail.com

Unknown said...

yah masih jaman wifi yg dikunci?? kasian... ke kafe aja beli jopi 3rb gratis wifi ampe pikun hahahahaaaa

colock said...

wogh..sebelumnya lam knal ni..
duh bner dh bnyk area hotspot di mataram??free gag??

duh,,kbetulan bulan januari plang klombok..ijiakakakak

Unknown said...

mana wardrivingnya..??itu ma cuman ngeliat ssid wireless aja, itu ma siapa aja bisa liat signal pake net stumbler..

kl bikin artikel begini dijelasin donk teknik wardrivingnya ga cuman cerita begitu aja.

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template